Buat teman-teman yang sulit mencari bahan membuat
karya tulisan, ada banyak cara menemukan bahan tulisan!
Bahkan dengan mengajukan pertanyaan seperti, "Aku
mau tulis apa ya?" itu sebenarnya sudah menjadi bahan tulisan (bagi kami
hehehe).
Siapa yang tidak mengalami masalah?
Orang kaya, orang miskin, orang tua, orang muda, semua
orang mengalaminya.
Kenyataannya banyak yang berupaya mencari solusinya.
Kenyataannya banyak yang berupaya mencari solusinya.
Rasa ingin tahu manusia yang besar pun bisa menjadi masalah.
Menurut Octavio Paz, seorang pujangga asal Meksiko,
"Manusia adalah insan yang suka bertanya. Kita sudah mulai bertanya sejak
kita lahir...bahkan boleh dikata sejarah manusia adalah rangkaan tanya jawab
yang dirumuskan oleh kita manusia."
Dengan hadirnya banyak macam pertanyaan, itu artinya banyak masalah yang dipertanyakan karena setiap pertanyaan mewakili masalahnya, dan solusinya pun menjadi beragam.
Dampak positifnya bahwa dengan solusi itu bisa menjadi
alasan untuk menciptakan sesuatu, misalnya Facebook yang diciptakan tahun 2004
oleh Mark Zuckerberg dan kelima sahabatnya yang juga mahasiswa Universta
Harvard di Amerika.
Dilihat dari tujuan diciptakannya Facebook, kita bisa
baca di Wikipedia, awalnya untuk membantu mahasiswa Universitas Harvard agar
bisa saling mengenal dengan baik.
Kini Facebook tidak hanya digunakan untuk saling
mengenal, namun sudah merambah ke dunia bisnis, bahkan Facebook sendiri
menghasilkan uang dari layanan mereka yakni Facebook Ads.
Facebook sudah berkembang menjadi solusi bagi para
pelaku bisnis online dan UKM yang ingin mengembangkan usahanya dan meraih
penghasilan dari internet.
Para pelaku bisnis online melihat fenomena Facebook,
sesuai dengan data yang dilansir oleh Alexa.com (sebuah situs pengukur data
dari berbagai trafik website), Facebook menempati urutan ke-3 sebagai situs
yang paling sering dikunjungi sejak 2017.
Dengan hasil riset inilah para pelaku bisnis melihat
bahwa ada peluang di tempat yang ramai orang-orang berkumpul.
Satu masalah bisa menjadi peluang yang potensial bagi
mereka yang memang jeli melihat momentum tersebut.
Nah, apakah Anda jeli melihat permasalahan yang ada di
sekitar Anda?
Kalau Anda sering menghabiskan waktu di Facebook, Anda
bisa memantau dengan cara blusukan di group-group Facebook yang sesuai dengan
topik yang Anda minati.
Kumpulkanlah data misalnya masalah apa yang sering
diperbincangkan di groups itu, bagaimana solusinya, apa saja solusinya, apa
saja tantangannya, itu semua kita bisa dapatkan dengan cara berkomunikasi
dengan para member di group tersebut.
Jangan hanya mencari 1 sumber untuk mengumpulkan data,
carilah dari sumber yang lain. Misalnya melakukan riset di Google, kumpulkan
1-5 website yang relevan, dan cermati informasi yang diberikan.
Dengan hasil riset yang telah Anda kumpulkan, silahkan
mengolah data-data tersebut sehingga menjadi informasi yang lebih up to date.
Tahukah Anda? Bahwa dengan gaya bahasa yang lebih
ringan, informasi yang serupa bisa menjadi seperti sesuatu yang baru!
Untuk itu kenalilah siapa pembaca Anda!
Tentunya Anda ingin, kan, pembaca Anda berlama-lama
membaca artikel Anda hingga selesai. Itulah keinginan dari semua penulis artikel.
Hehehe...
Tapi untuk jaman sekarang keinginan para penulis
artikel online ingin artikelnya dishare juga.
Dengan harapan artikelnya memang dibaca dan memperoleh komentar positif di mana para pembaca merasakan manfaat dari artikel tersebut.
Dengan harapan artikelnya memang dibaca dan memperoleh komentar positif di mana para pembaca merasakan manfaat dari artikel tersebut.
Apakah artikel ini layak mendapatkan komentar positif?
Apakah artikel ini juga layak untuk share di Facebook
Anda?
Kami senang untuk meningkatkan kemampuan kami dalam
menulis.
Jadi jangan sungkan untuk memberikan saran dan kritik
yang membangun yaa.
Komentar
Posting Komentar